Applications

Visitor Management System

VMS atau Visitor Management System adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengatur pengunjung / tamu yang masuk ke area gedung, perkantoran, pabrik ataupun lainnya.

VMS atau Visitor Management System ini dibangun berdasarkan kebutuhan konsumen/client atau Custom Application, sehingga fitur-fitur yang ada bisa berbeda-beda antara aplikasi VMS yang satu dengan yang lainnya. VMS ini sangat cocok untuk digunakan oleh suatu instansi untuk dijadikan log book tamu/pengunjung yang datang setiap harinya. Data pengunjung atau kunjungan dapat diambil kapan saja. Data Pengunjung dari aplikasi VMS ini pun bisa digunakan sebagai data rujukan Tim K3 suatu gedung/Instansi sehingga mengetahui siapa saja yang masih berada di area/gedung diluar karyawan ketika ada kejadian tanggap darurat.

 

Fitur - Fitur VMS

Fitur-fitur VMS diantaranya adalah

  1. Foto Capture

Pada visitor melakukan kunjangan dan melakukan check in pada Operator bisa dilakukan pengambilan foto dengan dukungan WebCam baik Webcam Extender ataupun Webcam Built in.

  1. KTPel Scanner

Untuk mempermudah pendataan visitor, aplikasi dilengkapi scanner KTPel yang berfungsi untuk Check In atau Check Out berikutnya menjadi lebih cepat. Visitor yang sudah pernah melakukan check in pada Aplikasi VMS pada kunjungan berikutnya Operator tidak perlu lagi mengisi data pribadi visitor dan bisa langsung mengisi data keperluan kunjungannya terkecuali apabila ada perubahan lainnya.

  1. Auto Completed Address

Fitur ini berfungsi apabila No.KTP visitor dimasukan dengan benar maka data Kecamatan, Kota / Kabupaten dan Provinsi dari visitor sesuai KTP akan secara automatis terisi.

  1. Recall Check Out

Fitur ini digunakan apabila pada saat Operator melakukan kesalahan Check Out visitor tetapi visitor bukan visitor yang dimaksud, maka Operator bisa menghubungi Superadmin untuk melakukan Recall sehingga visitor tersebut statusnya akan kembali ke status pengunjung active.

  1. Custom Report

Report yang dibutuhkan dan akan diambil dapat di kustomisasi sesuai kebutuhan data apa saja yang akan diambil dan digunakan dengan cara membuat template report nya terlebih dahulu.

 

Otorisasi Aplikasi

Otorisasi Aplikasi VMS terdapat 2 tipe. diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Superadmin

Superadmin adalah tipe Otorisasi paling tinggi pada aplikasi. Superadmin memiliki akses kesemua modul yang ada pada aplikasi VMS

  1. Operators

Operators adalah tipe otorisasi yang berada dibawah Superadmin. Operator hanya dapat mengakses Front Page saja yang digunakan untuk melakukan pendataan visitor yang datang/masuk dan visitor yang keluar.

 

Kebutuhan Server

Adapun kebutuhan server atau Server Requirements yang perlu disiapkan sebelum aplikasi VMS ini adalah sebagai berikut:

  1. Operating System Linux / Windows
  2. Apache 2.0
  3. Minimal PHP 7.x
  4. Minimal MySQL 5 / MariaDB

 

Kebutuhan Operator

Kebutuhan Operator atau Client Requirements yang perlu disiapkan sebelum menjalankan aplikas VMS adalah sebagai berikut:

  1. Operating System Linux / Windows
  2. Browser Google Chrome terbaru lebih disarankan atau Mozilla Firefox terbaru
  3. Web Camera Built in atau Extender lebih disarankan
  4. RFID Reader ( HID Connection )


Contact Person

SaranaApps